Thursday, March 18, 2010

Social Entrepreneur: Might be Your Choice!









Kedengerannya baru, tapi konsep ini udah ada sejak ratusan tahun lalu. Kalopun jadi kurang common, mungkin karena kata “sosial” yang buat konsep ini ga setenar kewirausahaan lainnya. Biasanya, kalo yang berbau sosial pasti sifatnya charity, ga komersil, dan ga ada keuntungannya. Apalagi kalo ngomongin bisnis. Buruan deh buang jauh-jauh pikiran jadul gitu karena di jaman sekarang, social entrepeneurship is ROCK than before!


Kalo menurut OUCH! ada lebih dari 2 keuntungan dari bisnis sosial ini. Lo bisa kerja sambil nyalurin passion dan semangat lo yang akhirnya bisa berbuah keuntungan dan keberhasilan. Bahkan lo bisa membantu orang lain, sempurna bukan? Hehehe… Kelebihan dari social entrepeneurship ini emang semangat yang menyala buat ngelakuin misi sosial yang dipaduin sama manajemen inovatif dan modern. Nah, yang kayak gini baru extra ordinary!


Di Indonesia, udah banyak loh yang serius nekunin bidang ini. Mulai dari yang keliatan sampe yang ga, karena adanya di pelosok-pelosok yang mungkin ga muncul di peta! Nah, salah satu social entrepreneur yang ada itu adalah Ade Purnama. Pendiri, penggerak, pengurus dari semua hal yang berhubungan sama Sahabat Museum. Pastinya pernah denger dong sama komunitas anak muda yang satu ini? Sesuai namanya, komunitas ini emang concern sama sejarah, seni dan budaya Nusantara. Agenda rutinnya ya trip ke berbagai museum atau tempat-tempat sejarah lain, seru loh! Cara baru buat kenal kebudayaan sendiri dengan fun!


Balik lagi ke Mas Adep (panggilan Ade Purnama), berawal dari ketertarikan dari kecil karena seringdibawa orang tuanya ke Kota Tua, Dia secara otodidak belajar tentang sejarah dan kebudayaan Indonesia. Begitu lulus kuliah dan ga direpotin sama urusan sekolah, de-el-el, Mas Adep mulai bebas mengeksplor passion-nya ini, Ouchers. Sampe lah tahun 2002, Mas Adep ngediriin komunitas Sahabat Museum bareng para sahabatnya yang juga punya passion yang sama. Sekarang, anggota komunitas ini udah mencapai 2000-an, WOW! Terbukti kan kalo responnya positif banget..


Kesuksesan Sahabat Museum akhirnya ngebawa Mas Adep jadi salah satu icon “Suarakan Aksimu Untuk Indonesia!” yang jadi campaign terbaru Nokia. Terpilihnya Mas Adep ini juga jadi penghargaan dari yang udah Dia lakuin selama ini, nyuarain aksi positif buat Indonesia. Yang awalnya kepentingan individu, trus disalurin jadi sebuah komunitas, dan akhirnya sukses dilirik sama perusahaan, jadi bukti keberhasilan Mas Adep and that’s called truly social entrepreneur!

No comments:

Post a Comment