Wednesday, March 17, 2010

AKSEN

Search Engine Optimizer, Profesi Baru Yang Menjanjikan!

Hare gene hal apapun kayaknya bisa dilakuin di internet. Mulai dari curhat di blog, nyari pacar di Facebook, jual-beli di Kaskus, sampe browsing data buat tugas. Intinya, dari yang positif sampe negatif smua bisa dilakuin!

Nah, kita ambil aspek yang positifnya, Sob. Nyari kerja atau kerja dari internet itu udah biasa. Tapi, mungkin jenis pekerjaannya yang tergolong baru dan berprospek nih. Mungkin lo semua belum banyak yang tahu tentang profesi konsultan Search Engine Optimizer (SEO). Sounds new??? Oke, OUCH! jelasin ya...

Sebelum ngomongin profesinya, OUCH! jelasin dulu tentang jasa SEO ini. SEO adalah jasa pengoptimalisasian situs di mesin pencari, terutama mesin pencari terbesar, kayak Google dan Yahoo. Tujuannya? Supaya orang gampang mencari atau membuka situs tanpa harus secara pas menulis nama atau alamat lengkap situs yang pengen dicari. Bingung ya? Gini contohnya, kalo lo masuk di google.co.id dan lo tulis keyword “majalah OUCH!”, trus situs pertama yang muncul di Google apa? Pasti majalahouch.com kan?

Yak, itulah tugasnya konsultan Search Engine Optimizer untuk buat situs majalah OUCH! menjadi nomor 1 di mesin pencari Google atau ada di halaman pertama pencarian. Nah, cara kerja konsultan SEO ini juga ga sembarangan loh. Dia harus melakukan riset target pasar buat tau hal apa yang paling banyak dicari dan kemudian meminimalkan persaingan pasar dari situs yang lagi dikerjain.

Belom selesai tugasnya, konsultan SEO juga harus promosiin situs yang lagi dioptimalisasiin supaya pamornya naik jadi peringkat pertama pencarian. Caranya gimana? Pertama, dengan barter link dengan situs sejenis. Kedua, tulis komentar di blog yang sejenis dengan situs yang lagi dioptimalisasikan. Pastinya komentar yang baik ya, bukan cuma sekedar “halo”, “oh gitu”, atau “asik loh”. Ketiga, ada lagi signature atau masuk di forum atau email dan kasih link ke situs yang lagi dioptimalisasikan. Keempat, directory submitting atau daftarin situs ke direktori internet, semacam yellow pages supaya jadi terkenal. Kelima, social bookmarking, semacam aplikasi bookmark di browser kayak Google Chrome, Firefox, Internet Explorer atau bisa juga seperti twitter update atau share status di Facebook.

Trus tujuan dan keuntungan itu semua apa sih? Jelas penting, Ouchers. Kalo situs tersebut berhasil di posisi pertama, otomatis produk, barang, jasa, bisnis, dan layanan yang ada di situs tersebut berpeluang besar laku. Ini juga salah satu cara menekan biaya promosi loh.

Gimana, mantap dan seru kan kerjanya? Lebih asik lagi karena lo ga perlu kuliah IT karena pelaksanaannya lo bisa kerja sama web developer atau orang yang andal buat website. Daaan...lo bisa kerja di mana aja, selama masih ada internet! J

No comments:

Post a Comment