Thursday, March 18, 2010

My School Vocational School











Sekolah Kejuruan, sekarang udah ga dipandang sebelah mata lagi. Karena emang terbukti, lulusan dari SMK ini bisa berkompeten dan punya peluang yang sama dengan lulusan sekolah menengah lain. Kalo biasanya SMK yang lo tahu fokus di bidang teknik atau pariwisata, kali ini OUCH! ngenalin dua SMK dengan bidang yang tergolong unik yang bahkan baru lo denger sekarang.


SMA Grafika Desa Putera


Grafika? Mungkin masih kedengeran asing di telinga lo semua. That’s why OUCH! mau ngenalin! Grafika itu adalah ilmu tentang bagaimana mempublikasikan sesuatu secara artistik. Simpelnya, grafika itu ilmu gimana mendesain gambar lewat komputer dan diterapin ke dalam bentuk cetakan atau desain multimedia, kayak sablon, undangan, brosur, buku, atau majalah. Ga cuma multimedia, ilmu grafika juga diterapin untuk desain animasi kartun, desain web, dan lainnya yang erat dengan teknologi. Gimana, udah kebayang belom...?


Di Indonesia, jumlah sekolah grafika cukup banyak walopun ga sebanyak SMK yang ada. Salah satu SMK Grafika yang jadi favorit adalah SMK Grafika Desa Putera yang terletak di jalan Desa Putera, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Di sekolah ini, ada dua program keahlian yang bisa dipilih: persiapan grafika dan program grafika. Seperti SMK pada umumnya, pendidikan di sekolah ini emang difokusin pada hal keterampilan.


Di program persiapan grafika, temen-temen di sekolah ini belajar tentang desain grafis, prepress digital, photo reproduksi, montase, dan pembuatan plat cetak. Nah, kalo di program produksi grafika, hal yang dipelajarin adalah cara cetak digital, cetak offset, cetak sablon, dan jilid kemas.


Ngomongin ekskul juga ga beda kok sama sekolah lain. SMK Desa Putera juga punya berbagai ekskul, kayak basket, paskibra, sepakbola, majalah dinding, dan lainnya. Yang ngebedain adalah sarana yang ada. Sekolah ini dilengkapin sama berbagai mesin dan alat percetakan yang canggih. Bahkan, SMK Grafika Desa Putera juga punya percetakan yang udah dipercaya oleh berbagai klien besar, seperti Kedutaan Besar Belgia, Portugis, dan World Bank. Mitra kerja di sekolah ini juga ga maen-maen, Ouchers. Sistem kurikulum yang ketat, ngejadiin lulusan yang kompeten buat disalurin ke perusahaan-perusahaan terpercaya. Kewl!


SMK Tekstil Texmaco


Sekolah kejuruan yang mulai berdiri tahun 1997 ini, emang fokus pada keahlian yang berhubungan dengan tekstil. Yap, tekstil yang OUCH! maksud adalah yang berhubungan sama kain dan bahan pada umumnya. Emang sih, dibandingin dengan sekolah kejuruan grafika, jumlah sekolah kejuruan tekstil di Indonesia jauh lebih sedikit. Di Jakarta pun bisa dihitung pake jari deh.


Di bawah naungan perusahaan Texmaco, SMK Tekstil Texmaco tersebar di beberapa daerah, seperti Semarang, Pemalang, dan Karawang. Nah, salah satu yang favorit adalah SMK Tekstil Texmaco Pemalang, Jawa Tengah.


Ada tiga program keahlian yang ada di sekolah ini, yaitu Teknologi Pembuatan Kain (weaving), Teknologi Pencapan (finishing), dan Teknologi Produksi Pakaian Jadi (garment). Nah, seiring perkembangan dunia industri, tahun 2004 lalu dibuka dua program baru: Teknologi Teknik Otomotif dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Teknik Komputer dan Jaringan).


Walopun ga sebanyak sekolah pada umumnya, SMK Tekstil Texmaco juga punya ekstrakulikuler. Ada marching band, pramuka, PKS (Patroli Keamanan Sekolah), OSIS, dan PMR. Kelebihan sekolah kejuruan dibandingin SMA adalah ada mitra perusahaan yang kerja sama dengan pihak sekolah buat nyalurin para lulusannya. Sama juga dengan SMK Tekstil Texmaco yang udah bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang industri tekstil. Begitu lulus, udah langsung siap kerja deh.

No comments:

Post a Comment