Thursday, March 18, 2010

5 Promising Job in the Next 5 Years!









Ujian udah di depan mata, buat lo yang udah kelas tiga, pasti dong udah mulai cari-cari tempat kuliah dan jurusan yang cocok sama minat dan cita-cita lo? Jangan keburu pusing dulu Sob, karena OUCH! mau infoin nih beberapa pilihan bidang karier yang diprediksi bakal eksis. Pastinya juga laris manis dicari perusahaan 5 tahun ke depan. Cekidot!


1. Make Up Artist For Special Effect (Make-up Character)

Ga semua make up artist bisa merias karakter. Ini lah kelebihannya. Pernah nonton teater atau Spock di film Star Trek yang punya kuping lancip dan alis menjulang ke atas itu? Nah, itu cuma beberapa sentuhan special effect dari tangan si make up character expert. Di Indonesia, La Salle College International ngebuka program ini. Yang jelas, selama dunia hiburan masih mengepakkan sayapnya, profesi ini akan terus eksis.


2. F1 Automotive Machine Designer

Profesi yang satu ini emang belum familiar di Indonesia, tapi di luar negeri automotive machine designer udah mulai membanjir loh. Apalagi profesi ini berkaitan dengan F1. Konsentrasi dari profesi ini adalah pengembangan tampilan visual atau nilai seni (estetika) dari kendaraan itu sendiri. Sekaligus berkreasi terhadap konsep produk. Biasanya, para desainer F1 merupakan lulusan desain industrial atau desain transportasi. Academy of Art University di Amerika punya program yang fokus di bidang ini. Institut Teknologi Bandung juga nawarin program sarjana desain yang jebolannya udah terbukti ok.


3. Sound Designer

Tugas sound designer adalah membuat segala hal yang berkaitan dengan suara untuk semua jenis media. Mereka bisa menjabat sebagai penata suara, composer, sampe mix engineer. Buat soundtrack film, suara animasi, desain interaktif adalah contoh beberapa kerjaan sound designer. Udah banyak kok Universitas dan sekolah yang nawarin program sound design di Indonesia, salah satunya di Universitas Pelita Harapan.


4. Event Management

Profesi ini bisa diterapin di berbagai industri profit atau non-profit, jadi jangan takut ga dapet kerjaan. Profesi ini cocok banget buat lo yang suka buat konsep atau menangani sebuah acara. Dan sekali lagi, bayarannya gede, Sob! Sekolah dan Universitas yang konsen ke jurusan ini juga banyak. Contohnya, kayak IP Entertainment atau The London School of Public Relation Jakarta.


5. Food Stylist

Suka ngiler ga liat makanan yang dipajang di restoran atau majalah sampe buat lo tergoda pengen coba? Nah, itu artinya kerjaan si food stylist berhasil! Yap, food stylist itu bertugas untuk memberi nilai estetika pada sebuah makanan supaya terlihat baik pas difoto. Kalo lo tau nih, bayaran untuk seorang food stylist ini tinggi loh. Mereka dibayar per satu frame foto dan biasanya 1 klien butuh puluhan sampai ratusan frame foto. Kebayang ga? Where to study? The International Culinary Schools at The Art Institutes, Amerika atau jurusan Tata Boga di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Masih banyak loh sekolah kuliner yang punya program food stylist mengingat maraknya bisnis kuliner saat ini.


Gimana? Tertarik? Yang pasti, gali terus potensi diri lo! Semoga membantu J


No comments:

Post a Comment