Wednesday, March 17, 2010






Rehuellah Sonya Octaviani :

Carilah Peluang Bisnis yang Belum Orang Lain Pikirkan dan Segera Bertindak

Ouchers, masih inget kan kalo di edisi November lalu, OUCH! pernah ngebahas tentang pengusaha muda yang punya 3 restoran. Nah, di OUCH! edisi Maret ini, kita bakal ngebahas profil seseorang yang memilih berkarier jadi seorang pengusaha. Siapa Dia? Dia adalah Rehuellah Sonya Octaviani yang biasa dipanggil Sonya. Walaupun masih berstatus sebagai mahasiswi PPM School of Management, Dia udah colongan start jadi seorang pebisnis loh. Apa sih bisnisnya Dia? Yuk, kita ulik...




Hi Sonya, bisnisnya di bidang apa sih?

Halo, Saya punya bisnis di bidang fashion sejak Juli 2009 lalu, tapi spesifik di handmade cardigans aja, namanya Jollie Mollie - House of Cardigans. Awal mulanya dari online business dan sekarang ikutan bazaar juga.


Kenapa harus di bidang fashion? Kan udah terlalu banyak yang bisnis di bidang yang sama...

Alasan memilih bisnis fashion dan spesifik di handmade cardigans, sebenarnya karena Saya sendiri suka sekali menggunakan cardigan dan menurut Saya cardigan merupakan pakaian klasik yang cocok digunakan untuk setiap kesempatan. Saya mendapatkan ide, kenapa tidak Saya kreasikan aja cardigan tersebut dengan banyak modifikasi yang bisa disesuaikan untuk event-event tertentu. Misalnya, model elegan buat pesta di malam hari ataupun model casual yang bisa dipakai buat kuliah atau jalan-jalan.


Emang target pasarnya dari umur berapa sampe umur berapa? Rata-rata pembelinya dari mana aja?

Target marketnya adalah wanita, mulai dari anak SMA sampe wanita karier (15-40 tahun). Sampe sekarang ini, para pembeli Jollie Mollie berasal dari Pulau Jawa dan

Sumatera.


Apa sih kendala yang dialami sepanjang merintis bisnis ini? Dan rencana pengembangan bisnis ke depannya gimana?

Kendala dalam menjalankan bisnis ini adalah sumber daya manusia yang terbatas, yaitu sulit mencari karyawan yang memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Problem solving-nya adalah dengan mengembangkan diri Saya sendiri sehingga dapat mengajarkan karyawan lain agar memliki kemampuan yang sama. Rencana 5 tahun ke depan ingin membangun butik di Jakarta dan Bali , Selain itu juga berencana meluaskan pasar sampe ke Singapura.


Terus gimana caranya membagi waktu berbisnis sambil berkuliah?

Saya memiliki jadwal yang sudah Saya atur setiap harinya. Pembagian waktu untuk mengembangkan bisnis dan kuliah sudah diatur sedemikian rupa. Saya juga memiliki para karyawan yang dapat dipercaya untuk melakukan usaha ini ketika Saya sedang melakukan hal lainnya.


Kalo jadi seorang pebisnis itu memang pilihan hidup dalam berkarier apa memang lahir dari keluarga pebisnis juga?

Jadi entrepreneur adalah cita-cita dari kecil karena orang tua juga punya usaha sendiri. Tetapi hal ini juga didukung oleh ilmu-ilmu yang Saya pelajari di PPM School of Management yang mendukung bidang wirausaha Saya. Saya belajar dari semua ilmu manajemen (pemasaran, produksi, SDM, keuangan) terutama di bidang entrepreneurship yang membuat Saya memiliki semangat untuk membangun bisnis ini.


Memang apa sih yang udah didapet dari PPM School of Management? Apa bedanya sama kuliah di tempat lain?

Yang Saya dapat di sana lebih banyak praktek daripada teorinya. Di PPM School of Management, para mahasiswa diajak untuk berani berbicara di depan umum tentang ilmu yang sudah dipelajari, seperti ujian presentasi. Juga lebih banyak mengimplementasikan ilmu melalui praktek langsung, contohnya membuat seminar, membuat training, dan lain-lain.


Kenapa harus PPM School of Management?

Karena semua bidang usaha membutuhkan ilmu manajemen, sampai ketika kita memutuskan untuk menjadi seorang profesional, seperti dokter, pengacara, artis, dan lainnya, tetap perlu bidang manajemen ini. Dan hanya di PPM School of Management saja yang memberikan ilmu manajemen ini secara fun. Tidak hanya teori, tetapi para mahasiswanya mampu melakukan hal-hal yang sudah dipelajari dengan praktek langsung.


Ada saran-saran untuk pembaca OUCH! yang ingin belajar memulai usaha?

Carilah peluang bisnis yang belum orang lain pikirkan dan segera bertindak. Selalu melakukan inovasi dan jangan mudah putus asa bila menemui hambatan. Miliki sikap mau belajar dan attitude yang baik seperti disiplin, tidak sombong, dan jujur.


Terima kasih ya Sonya, jadi terinspirasi nih. Liat-liat produknya juga nih Ouchers di http://facebook.com/jmollie. Selamat berkhayal mau usaha apa dan segera bikin rencana langkah ke depannya mau gimana! Harus dipersiapkan dari sekarang loh!


Salah satu langkah yang tepat kalo lo telp ke PPM School of Management, dan konsultasi langsung tentang kuliah lo demi masa depan ke Mas Indra Pamungkas, Marketing & Promotion Program S1 PPM School of Management. Alamatnya di Jalan Menteng Raya No. 9, Jakarta Pusat, telp. 021.3190-2956 ato ke 2300313 ext. 1102



No comments:

Post a Comment