Wednesday, March 17, 2010

Amenth: THEY HATE MY DESIGN!










The truth is not always painful. Itu udah dibuktiin langsung sama Amenth, sosok yang mau OUCH! kenalin dan semoga bisa menginspirasi lo semua, Ouchers. Memulai karier sebagai designer lepas, Amenth memulai usahanya dengan perjuangan yang luar biasa berat sampe titik darah penghabisan. Ga maksud lebay loh, tapi emang penuh perjuangan, Sob! Masalahnya, sebagai seorang designer, banyak banget orang yang ga suka bahkan mengolok hasil design Amenth. Apesnya lagi, para klien dan company juga banyak yang nolak hasil karyanya.

Tapi hebatnya nih, graphic designer sekaligus art director asal Yogya ini ga langsung down dan nyerah gitu aja. Dia malah makin sering buat coret-coretan digital. Prinsipnya: makin diolok, makin bersemangat Amenth nge-design. Sampe akhirnya Amenth masukin hasil design-nya ke internet. Daan.. banyak banget orang bule yang kasih respon dan bilang suka!

Kalo lo tau nih Sob, pengalaman pait jaman dulu itu yang ngebuat Amenth akhirnya ngediriin brand sendiri dan dikasih nama Theyhatemydesign (THMD) atau kalo dalam Bahasa Indonesia artinya ‘mereka benci design saya’. Terbalik 180 derajat dari arti label-nya, karya Theyhatemydesign malah disukain banyak orang. Kliennya juga bejibun! Dari yang lokal sampe internasional. Sebut aja ColdVibe (music director) dari Canada, Imaginary Foundation, LA (t-shirt company), Cultures Clothes dari Portugal, Overspray Magazine dari NYC, dan masihh banyak lagii, Ouchers!

Kepopuleran Theyhatemydesign juga ga lepas dari usaha Amenth ngebawa hasil design-nya ke berbagai event pameran dan komunitas. Republicart Yogyakarta-Indonesia, Blackurban-jakarta, Jogjaforce, Don’t Panic Exhibition di UK, sampe pameran besar di Interstellar Expo, NY. Amenth juga langganan jadi featured di berbagai buku dan majalah di dunia. Dia jadi satu-satunya orang Indonesia yang masuk feature Young Asian Book atau kategori Glory Indonesian Illustration di Computerart Magazine, dan lainnya. Yang paling Amenth banggakan adalah Dia menjadi orang Indonesia pertama yang tergabung di KDU (Keystone Design Network) NYC, bareng artis-artis keren dunia.

Kalo lo tau lagi nih, baju-baju DAMN! I Love Indonesia (clothing line punya VJ Daniel) itu juga sempet Amenth yang nge-design dibantu beberapa temen dari Yogya. Dan ternyata, Amenth juga ngebuat brand development dan jadi creative director-nya juga! Intinya emang jangan pantang nyerah! Lo harus punya 100 tenaga cadangan buat ngewujudin cita-cita lo, walopun tantangan yang bakal dihadapi tuh ga gampang. Liat bukti nyatanya aja Ouchers, ya si Amenth ini J


No comments:

Post a Comment