Thursday, March 18, 2010

GIMANA NEEH URUSAN SEKOLAH

Om, mau minta pendapat dong... Aku ada rencana mau kuliah di luar negeri, tapi masih bingung mau ambil S1 atau S2-nya yang di luar negeri. Soalnya yang Aku denger, kalo S1 mending di Indonesia dulu, baru S2-nya di luar negeri. Gimana nih Om, apa bener gitu?

Fajar, 0856-4412abc

Aloha Fajar, menurut hukum Archimides (halah!) sebenarnya sih sama aja lo mau ambil S1 dan S2 di luar negeri atau sebaliknya, selama lo ga ambil S-cream dan berakibat lo batuk-batuk, hehehe. Kalau Om lihat dari sudut pandang metafisika dan mata batin, pastinya program S1 lebih lama dari S2. Tergantung lo aja, mau lama atau cepat di luar negeri. Jadi, kalau menurut saran dan pengalaman Om, mendingan lo ambil S2-nya di luar negeri dengan alasan waktunya lebih cepat dan biaya hidup di sana tidak terlalu besar. Semoga saran dan petuah ini bisa menjadi maklum adanya, hehehe.


Gue lagi bingung banget nih Om… Udah mau UAN, stress mikirin kuliah, stress mikirin takut ngecewain bokap-nyokap, stress nilai ujian, stress lulus atau ga! Semua numpuk jadi satu di kepala gue. Gimana mau konsen kalo gue panik gini? Please kasih solusinya Om. Thanks.

Putra, pman9@hotmail.com

Janganlah bingung dan janganlah bimbang, Putra J. Lo seharusnya bersyukur karena hal ini ga lo alami sendiri. Masih banyak temen-temen lo yang lain, punya problem yang sama bahkan ada yang lebih parah. Seorang Albert Einstein sekali pun, kalau banyak pikiran ga bakalan bisa nyiptain rumus sampe sepopuler sekarang. Cobalah untuk konsentrasi dengan salah satu masalah yang jadi prioritas utama buat lo hadapi, misalnya UAN. Sambil coba ngomong sama ortu tentang hal terburuk yang akan terjadi. Banyak berdoa, minta restu dari ortu karena Om yakin dengan ini semua lo akan mendapatkan ketenangan lahir batin. Ortu lo juga akan memberikan dukungan buat lo. Semangat…!!!


Kenapa sih orang tua gue ga bisa nerima pendapat gue? Gue pengen ngelanjutin kuliah di jurusan yang mendukung passion gue buat nari. Apa sih Om yang mereka takutin? Emang salah berkarier jadi seorang penari atau pekerja seni? Trus gue harus gimana dong, Om?

Hanna P, dance101@hotmail.com

Tenang Hanna… tenang… J Dulu Om juga sama seperti lo. Om mau ambil komputer, sedangkan ortu marah besar dan dia menyarankan untuk ambil hukum saja. Perdebatan pun terjadi hingga akhirnya ortu Om bilang, ”kalau kamu ambil komputer maka kamu akan masuk penjara nak” Hehehe... Semua ortu ingin melihat anaknya berhasil, makanya kadang mereka selektif dan ikut campur dalam mengarahkan pendidikan lo. Dalam hal ini, kedewasaan lo lagi diuji dan ga salah kalau lo milih jurusan yang lo inginkan. Dalam kasus lo, Om ga tau sebenarnya ortu lo pengen lo masuk jurusan apa. Jadi, yang harus lo lakukan sekarang adalah memberikan pengertian kepada ortu dan coba untuk meminta dukungan dari kakak, adik, om, tante, kakek, nenek, dan kalau perlu tetangga sekitar. Kalau Om lihat, sebenarnya lo belum bisa sepenuhnya meyakinkan ortu lo.

No comments:

Post a Comment