Friday, January 22, 2010

GIMANA NEEH UUSAN SEKOLAH

1 Om, mau nanya dong... Apa bener kalo mau studi ke luar negeri, pengurusan visa belajar untuk yang masih di bawah 18 tahun itu lebih sulit? Thank You Om...
Fike, SMA 68
0856-95484abc

Allow Fike, ternyata masalah lo ini sama seperti yang Om alami semasa Om mau sekolah di luar dulu. Cuma bedanya, kalau lo ke luar negeri, kalau Om ke luar kampung . Menurut yang Om tau, lo sudah pasti diterima dulu atau sudah terdaftar di salah satu sekolah di sana. Toefl dan jaminan berupa bukti keuangan orangtua sudah pasti jadi syarat mutlak yang harus dipenuhi. Biar lo ga menggunakan bahasa isyarat di sana dan bela-belain ga makan 2 Rebo cuma buat ngirit . Setiap Negara pasti beda-beda, jadi kalau bicara sulit atau tidaknya itu tergantung dari negara yang lo tuju. Nah, biar aman dan ga ribet, sekarang banyak tuh agency yang menawarkan sekolah ke luar negeri (search di google). Semua diurus oleh agency tersebut dan lo cuma duduk manis sambil memandang foto Om yang memang wajahnya manis… wakakakaka.

2 Oooom… Kenapa yah tiap gue belajar pandangan gue selalu ke arah jam dinding! Hawanya laper mulu, padahal baru jam pertama. Apa tandanya gue MALEZ ya???
Putri, 0897-9732abc
Hai Put, itulah tandanya kau murid budiman  (ga nyambung ya...?). Semua itu sebenarnya terjadi karena kebiasaan aja. Coba jamnya lo pindahin atau justru di perlambat waktunya, misalnya waktu sebenarnya jam 8, lo bikin jadi jam 6 (itu juga kalau boleh sama guru lo ). Pasti deh beda... Nah, masalah lapar itu kan hanya perasaan Dik Putri saja. Kembali ke kebiasaan yaitu makan pagi di rumah jangan terlalu banyak dan sedikit. Perlu juga sesekali lo minta ubah posisi duduk lo sama guru lo, biar ada nuansa baru tentunya. MERDEKA…!!!

3 Bonyok gue pengen supaya gue lebih fokus ke pelajaran, sedangkan gue juga aktif di ekskul. Alhasil gue jadi sering boong ke mereka deh tiap kali mau latihan ekskul. Gimana ya Om caranya kasih pengertian ke nyokap-bokap?
Chalin, SMA 54
0856-97092abc
Aloha Chalin... Memang ga enak kondisi seperti ini. Menurut Om sih, sebaiknya lo jujur sama ortu lo. Cari waktu yang pas buat bicarakan ini, jangan waktu mereka lagi sakit gigi atau kesel. Karena Om yakin, sebelum lo nanya, mereka udah melotot duluan . Cobalah untuk bisa ambil hati ortu lo (ini bahasa kiasann ya! Jangan lo artiin yang sebenernya, bisa jadi anak durhaka lo ). Di sini Om ga tau lo kelas berapa, tapi kalau memang udah kelas 3, ada baiknya konsen dulu ke pelajaran. Cobalah untuk meyakinkan ortu bahwa ekskul yang lo ikutin tidak merubah nilai pelajaran. AYO BUKTIKAN...!!!


Bingung setelah lulus mau nerusin kemana? Niat nerusin keluar negeri tapi kurang informasi? Buat lo yang punya masalah soal pendidikan, jangan ragu buat ngirimin pertanyaan via SMS! Caranya:
OUCH!GNUKota(JKT/SMG/JOG)NamaSekolahPertanyaan. Kirim ke 0818-699687 dan menangkan T-Shirt dari Premium Nation buat pertanyaan yang terpilih. Contoh: OUCH! GNU JKT Dika SMA Labschool Sekolah design yang bagus dimana ya?

No comments:

Post a Comment