Friday, January 22, 2010

The 11th Jakarta International Film Festival





























Yap, ini adalah salah satu even yang paling ditunggu-tunggu anak muda tiap tahunnya. Festival film yang diikuti ga hanya dari Indonesia, tapi seluruh dunia ini udah 11 kali diadain. Kurang lebih selama satu minggu, dari tanggal 4-12 Desember 2009, Blitz Megaplex Grand Indonesia selalu rame didatengin pengunjung setia Jiffest yang selalu nunggu even ini tiap tahunnya.

OUCH! excited banget waktu diundang ke opening-nya tanggal 4 Desember 2009 lalu. Selain seneng karena ketemu berbagai sutradara, produser, dan pemain andal, tapi juga OUCH! dapet kesempetan buat nyuri start nonton film Sang Pemimpi duluan. Ayeeey! Sekuel dari Laskar Pelangi ini emang udah ditunggu-tunggu Ouchers, apalagi ada yang ga biasa di film ini, Ariel ‘Peterpan” ikutan acting, Beudeeeh...

Selain pertunjukan film, sama seperti sebelumnya 11th Jiffest juga mengadakan kompetisi film yang jurinya terdiri dari Brynjar Bjerkem asal Norwegia (pendiri Films from the South Festival), Laura Coppens asal Jerman (Direktur Asian Hot Shot Festival), dan Thomas Chia asal Singapura (distributor Lighthouse Pictures). Selain itu juga ada peluncuran buku, diskusi panel, dan pameran design. Keistimewaan lain dari 11th Jiffest adalah Madani Film Festival, yaitu festival film bertema Islam dari seluruh dunia. Konon, pertengahan tahun ini Madani Film Festival akan dibuat sendiri, terpisah dari Jiffest. Wooow, makin banyak aja nih festival film yang wajib buat ditonton!

Dari sekian banyak film yang bagus selama festival kemaren, beberapa di antaranya yang jadi favorit adalah (500) Days of Summer, Coco before Channel, Balibo, dan tentunya Sang Pemimpi! Kalo film garapan Riri Riza itu jadi film pembuka Jiffest, ada film New York I Love You karya 11 sutradara besar yang menutup rangkaian 11th Jiffest lalu. As usual cuma satu kata dari OUCH! buat Jiffest “Marvelous”!

Yuuuk Ouchers yang masih juga ketinggalan ga nonton Jiffest taun kemaren (peuhhhlisss!), tahun ini jangan ga nonton lagi ya...

No comments:

Post a Comment