Wednesday, February 17, 2010

STORY OF US




SMA Bina Nusantara Simprug

“We Give More Than Just A Gift…”

Temen-temen OUCH! yang ada di SMA Bina Nusantara International School Simprug, mau sharing sedikit nih soal klub-klub sosial yang ada di sekolahnya. Diwakilin Rama, ketua Go Green Club periode 2008-2009, OUCH! ngobrol bareng tentang kado istimewa versi anak-anak SMA Binus. Penasaran???

Menurut penjelasan Rama, salah satu persyaratan lulus di SMA Binus adalah dengan ngikutin kurikulum CAS (Creativity, Action, Service). Nah, kegiatan “service” (kegiatan sosial) ini, temen-temen SMA Binus sering ngadain banyak kegiatan dari 4 klub yang ada di sekolahnya. Temanya pun macem-macem, mulai dari green issue, kesehatan, pendidikan anak, sampe pelestarian budaya Indonesia.


Go Green Club

Sesuai namanya, klub ini konsen sama isu “hijau” dan lingkungan. Aktivitas rutinnya antara lain: buat kertas daur ulang, tanam pohon di sekolah negeri terdekat, dan bikin goodie bag dari kertas koran. Klub ini juga pernah ikut trekking yang digelar WWF ke gunung Pangrango buat ngebersihin sampah-sampah yang ada di sana. Program “Earth Day” juga pernah dibuat dengan ngajak komunitas sekolah lain ngebuat mading yang isinya info dan tips “hijau” yang berguna bagi pembaca muda.


T2K (Teens to Kids) dan HK (Healthy Kids)

Klub yang satu ini, fokus sama pengajaran adik-adik di usia TK. Tiap satu minggu sekali, temen-temen SMA Binus rutin ngajarin adik-adik ini buat baca dan tulis. Lokasinya juga ga jauh kok, anak-anak yang tinggal di sekitar lingkungan sekolah Binus yang jadi prioritas. Beda sama Healthy Kids yang fokus sama kesehatan anak. Catet loh, kesehatan di sini bukan jasmani aja, tapi rohani. Jadi, intinya menghibur anak-anak sambil bermain, nyanyi, dan memberi makanan yang bergizi.


Service Club

Klub ini sering kerjasama dengan HOPE Worldwide Indonesia buat ngatasin berbagai isu sosial. Salah satu programnya adalah STS (School To School), yaitu pengajaran bahasa Inggris ke SDN Grogol Selatan 12 Petang. Yah, berhubung bahasa pengantar di SMA Binus tu Bahasa Inggris, ya ga heran kalo mereka cas cis cus, hehehe...


Culturific

Nah, kalo klub yang satu ini konsen sama kelestarian budaya Indonesia. Salah satu hal yang mereka lakukin adalah belajar tari saman, buat “Hari Batik”, dan ngelakuin semacam exposure ke tempat-tempat budaya, kayak museum.

Seru banget kan Ouchers? Apa yang dilakuin sama temen-temen SMA Binus Simprug ngebuktiin kalo yang namanya special gift itu wujudnya ga melulu barang, tapi lebih dari itu adalah nilai kepedulian dan ketulusan buat sesama.

Good Job, Guys!

No comments:

Post a Comment