Wednesday, November 18, 2009

Recycled Fashion!


"ALERT! The world needs a hero!"
. Anak SMA jadi hero? Susah ga ya???
Lagi heboh masalah global warming, bingung ga sih gimana ngatasinnya? Ga usah mikirin yang berat-berat dulu! Kita bisa mulai dari fashion kita sendiri! Recycled Fashion!.

Efeknya pada dunia:
a. Menurunkan angka industri kain,
b. Menurunkan penggunaan zat kimia,
c. Mengurangi penggunaan mesin berat.

In conclusion: Hemat energi!

Caranya:
1. Belanja di flea market a.k.a 2nd hand items
Positifnya belanja barang bekas adalah harga yang miring! Hehehe... Tentunya, harus pinter-pinter milih dan hati-hati! Tips dari kakak gue kalo belanja baju bekas adalah direbus setelah dibeli, terus... dicuci bersih. Jangan masukin mesin cuci, takut rusak...
2. Dye your Jeans!
Bosen sama celana jeans lo? Daripada beli baru (yang pasti mahal), lebih baik lo ”dye” alias lo warnain ulang (kayak tye-dye itu lhooo). Tapi inget ya, kalo pake warna-warni, kemungkinan terbesar itu warna dasar jeansnya masih keliatan. Jadi, lebih baik lo bikin warnanya biar luntur alias di bleach, atau yaaa pakai warna putih... Habis itu, jeans lo bisa lo vermak, dijadiin cut-brai, skinny, baggy, lo potong pendek atau lo rubah jadi rok... Oke semua deeeh!
3. Colored up your shoes and bags
Punya sepatu dan tas kanvas yang udah bulukan? Jangan dibuang! Pergi ke toko buku atau toko barang-barang kerajinan tangan, beli cat atau spidol buat kain, trus gambar-gambar deh tuh di sepatu dan tas kanvas lo! Eh, ini berlaku juga buat semua tas dan sepatu dari kain lhooo. Kaos polos juga bisa lo sulap jadi oke hanya dengan bermodalkan spidol kain warna-warni!
4. Pergi ke tukang sablon kaos
Minta ditempelin deh tuh gambar-gambar yang lo mau.. Atau ya beli kertas sablon sendiri, cetak sendiri di rumah, disetrika di atas tas, tadda.. jadilah tas baru! Atau, bisa juga tye-dye dengan cara yang sama dengan si celana jeans! Hehehe... Biar matching gituu…

Let’s try!!!...

Nindita Garini Tumakaka – SMA Tarakanita 1

No comments:

Post a Comment