Wednesday, November 18, 2009

Chris Lie, Komikus Indonesia yang Bikin Transformer!


"Comic is my life style, I create comic, I read comic, I analyze comic, I teach comic, I talk comic, and I get my income from comic"

Dengan mantap Christiawan Lie menjawab apa arti komik buat dia. Sebelum mengawali kariernya sebagai komikus, jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini sempet kerja sama dengan pematung asli Bali I Nyoman Nuarta, sebagai arsitek Garuda Wisnu Kencana Bali! WOW!! Tapi, demi memenuhi hasratnya pada komik, Chris rela ninggalin profesinya sebagai arsitek. Step by step, Chris mulai ngewujudin impiannya dengan mendistribusikan komik-komiknya ke toko-toko komik. Dia juga tercatat sebagai salah satu pendiri studio komik “Bajing Loncat” di Bandung.
Keseriusannya pada dunia komik makin ditunjukin waktu tahun 2003 dia berhasil mendapat beasiswa FULLBRIGHT untuk belajar tentang sequential art di Savannah College of Art and Design, Amrik. Emang dasar otaknya brilian ya Ouchers, Chris lulus sebagai pasca sarjana terbaik! Sekali lagi gue ucapin saluuuttt deh sob . Nah, mulai dari situ peluangnya di industri komik makin kebuka lebaaar dan mulailah proyek komik populer jatuh ke tangannya.
Tau Transformer kan? Kalo GI JOE? Nah itu adalah beberapa proyeknya Chris Lie, sob. Dia adalah animator Indonesia satu-satunya yang ngebikin salah satu scene di film Transformer dan GI JOE. Wah, kalo lo ga tau ga gaul banget sob! Hehehe *piss. Kita boleh bangga dong Ouchers, brarti ada komikus Indonesia yang udah diakuin sama dunia internasional. Itu artinya, bertambah satu lagi anak bangsa yang berhasil mengharumkan nama Indonesia. Tapi lebih dari itu, bagi OUCH! Chris termasuk hero bagi para komikus dan animator Indonesia untuk terus optimis berprestasi di dunia internasional. Ga ada kata nyeraaah!
Pelajaran yang bisa lo ambil nih Ouchers “Dalam memilih suatu pilihan jangan hanya melihat dari pandangan orang lain aja, tapi juga harus sesuai dengan keinginan dalam hati lo”. Tapiii, ada tapinya juga nih ya, jangan mentang mentang hobi trus kerjaan lo cuma baca komik mulu. JANGAN yah karena OUCH! yakin, keberhasilan itu juga bisa diraih dengan ketekunan buat belajar. Contohnya seperti si Chris kan? Pokoknya apapun hobi lo kalo diseriusin bisa sukses kok. Balik lagi seperti Chris bilang "I get income from comic" ya kan, ya kan? 

Karya - Karya Cris Lie




Riris – SMA 6

No comments:

Post a Comment