Wednesday, November 18, 2009

Everybody is a Hero

Apa yang terlintas dalam benak lo ketika denger kata pahlawan? Bung Karno yang lagi bacain teks proklamasi atau Bung Tomo yang lagi teriak “merdeka atau mati” sambil bawa pasukan bersenjata? Ga salah sih, tapi sebenernya apa yang disebut pahlawan ga melulu kayak gitu, Ouchers.

Kalo lo lebih aware lagi, banyak banget loh pahlawan di sekitar kita! Bayangin aja, serial komedi TV zaman sekarang juga bisa jadi pahlawan buat me-refresh pikiran dikala stres. Beside that, peran yang diemban oleh nyokap-bokap kita buat banting tulang menafkahi hidup juga patut disebut pahlawan. Ga cuma itu doang, rakyat kecil pun banyak yang pantas disebut pahlawan. Let say tukang bubur karena mereka kita bisa sarapan bubur tiap pagi. Tokoh yang humoris, kreatif dan udah punya nama besar seperti almarhum Mbah Surip pun sah-sah aja disebut pahlawan.

Hari gini yang namanya pahlawan itu udah bertebaran di mana-mana dan macam-macam perannya. Intinya, pahlawan itu kan yang rela menolong dan membantu dengan ikhlas tanpa pamrih dan bisa berbuat baik meskipun itu kecil, tapi bisa ngasih perubahan yang cukup besar.

Contoh konkret lainnya nih, momen bencana alam yang terus terjadi belakangan ini banyak mendatangkan simpati. Semua orang berlomba-lomba pengen ngebantu. Apa yang dilakukan mereka, sebenernya patut diacungin jempol karena udah mengorbankan sebagian hartanya untuk meringankan beban sesama manusia. Sayangnya, banyak di antara para pahlawan yang dermawan itu salah mengartikan aksi beramalnya supaya di-shoot sama media cetak atau televisi. Teruus, kalo udah gitu, apa masih pantes disebut pahlawan?

Sebenarnya, siapa pun dan berapa pun umur lo bisa disebut pahlawan karena pada intinya setiap manusia itu lahir ke dunia sebagai pahlawan. Entah itu pahlawan untuk perubahan yang besar maupun kecil, dengan peran yang banyak maupun sedikit. So, it’s time for you to take an action!
Buktiin kalau lo juga bisa bermanfaat buat diri lo sendiri bahkan orang lain. Siapa pun di dunia ini pasti bisa jadi pahlawan, sob... 

Rahmi – SMA 68

No comments:

Post a Comment