Monday, September 28, 2009

It's Play Time

Gampang-gampang susah, ngomongin “mainan” atau “permainan”. Salah nangkep, artinya jadi bisa kemana-mana. Kalo pikiran lo polos-polos aja si, pasti yang terlintas tentang ”mainan” atau ”permainan” tu: hiburan, seneng-seneng, atau kerjaannya anak kecil. Sebaliknya, kalo daya imajinasi lo tinggi, ya tau sendiri lah tu ”mainan” bisa lo artiin apa? Ga ada yang salah dan benar sih, karena inti dari ”mainan” dan ”permainan” emang aktivitas rekreasi yang tujuannya menghibur.

Kalo umur lo sekarang kira-kira 16 sampe 19 tahun (mentok 21 tahun deh) mungkin lo sempet ngerasain nikmatnya main kelereng, dor tap, biji karet, atau layangan bareng temen-temen sekolah ato tetangga. Kecuali kalo waktu kecil lo tinggal di daerah pemukiman e-li-te yang di belakang ada kolam renangnye (kata Neo), mungkin ga terlalu familiar kali yah. Nah, mainan tadi bisa dikategorikan dalam mainan tradisional yang hemat, ramah energi dan lingkungan. Beda lagi kalo dibandingin sama mainan jaman sekarang. Jaman makin maju, mainan juga makin canggih. Liat aja anak kecil jaman sekarang sukanya main PSP, gameboy atau Pet Society. Plus and minus udah pasti ada, tapi yang jelas perkembangan mainan dan permainan dari masa ke masa tetap menarik buat diikutin.

Ini yang mau dan perlu OUCH! tekanin kalo mainan tu ga selalu identik sama anak kecil. Orang dewasa juga banyak yang suka mainan, kayak action figure, tamiya, urban toys, sampe yoyo. Vokalis GIGI, Armand Maulana, malah punya library sendiri buat nyimpen koleksi action figure dan aksesoris dari tokoh Superman. Jadi, lo jangan keburu jiper ato takut dibilang childish karena dasarnya setiap orang butuh hiburan yang mungkin salah satunya bisa didapet dari mainan-mainan ini.

Benefit lainnya nih sob, kalo lo serius, “mainan” bisa jadi benda potensial untuk berprestasi, bahkan menghasilkan uang. Kalo lo mau usaha dikit buat cari tahu, banyak banget komunitas mainan yang sering ngadain turnamen lokal sampe internasional. Jangan salah, anggota dari komunitas-komunitas itu malah didominasi sama remaja dan orang dewasa. Mungkin ini yang dimaksud “usia bukanlah suatu penghalang” (yo’ih). Maka, bermainlah selama naluri itu masih ada, kawan!

No comments:

Post a Comment