Monday, September 28, 2009

Games Designer Asal Indonesia

Eidos, EA, Konami adalah contoh perusahaan pencipta games-games mutakhir asal Amerika dan Jepang. Ga mau kalah, Indonesia juga punya loh, orang-orang kreatif yang nyiptain game online sendiri. Pengen tau? Makanya check in terus di Inspiring Profile kali ini.

• Dipta Erlangga


Kalo lo gamers, pastinya udah ga asing main Red Alert, Age of Empire, atau Seven Kingdom. Yup, itu semua games komputer yang berjenis strategi perang. Lo musti punya nalar oke dalam menyerang dan bertahan kalo pengen menang. Nah, si Dipta Erlangga ini bikin game semacam itu dalam bentuk kartu. Ya, semacam games “yu gi oh” ato biasa disebut Trading Card Games. Ide brilian Dipta adalah bikin games bernama “Vandaria Wars” yang dibuat sekitar tahun 2006 dan sampe sekarang terus berkembang di berbagai kota se-Indonesia.

Keunikan ”Vandaria Wars” terletak sama gambar tokoh yang ada di kartu. Hampir semua tokoh berciri khas Indonesia. Nama-nama tokohnya aja Senopati, Resi, sampe Markabah. Dari kostumnya pun dibikin mirip sama pendekar Indonesia, contohnya kayak tokoh wanita Markabah yang pake batik. Pokoknya, games ini identik sama Indonesia deh. Beberapa waktu lalu, “Vandaria Wars” dapet penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai Trading Card Games pertama buatan Indonesia. Udah cukup bukti kan kalo games buatan cowok asal Surabaya ini emang keren!

• Andre Kurniawan



Mahasiswa Fakultas DKV Universitas Maranatha ini berhasil nyiptain board game, yaitu permainan yang mirip sama ular tangga. Idenya murni berasal dari Andre Kurniawan en temen-temen yang terinspirasi dari game online Rising Force Online. Psst, awalnya nih, games ini adalah tugas dari mata kuliah ”Mayor Design Komunikasi Visual 4” yang diambilnya. Ada 28 board game yang dinamain ”Board Game Prasasti” berhasil mereka buat.

Biar gampang dimaenin, bahasa pengantar board game adalah bahasa Indonesia yang sebenernya mayoritas berbahasa Inggris. Yah, sejujurnya masih banyak kekurangan dari board game ini, tapi itu malah memotivasi Andre untuk terus maju dan memperbaiki kesempurnaan dari board game yang jujur aja, rumit banget pembuatannya.

Pelajaran yang bisa lo ambil nih Ouchers: ”asal ada niat en usaha, segala sesuatu pasti bisa terlaksana” (mantep kan?). Jangan takut buat seriusin hobi dan bakat yang lo punya karena ga ada yang mustahil di dunia ini, sob!

No comments:

Post a Comment