Sunday, August 23, 2009

Lain Dulu, Lain Sekarang

Di Indonesia, bulan Agustus identik dengan nilai-nilai nasionalisme atau patriotisme karena tiap tanggal 17 Agustus seluruh bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaannya. Sama seperti tema OUCH! bulan ini, yaitu ”patriotik”. Nah, aksen edisi kali ini, OUCH! pengen nge-share sedikit info tentang tradisi atau penanaman nilai-nilai patriotisme yang pernah diselenggarakan pada jaman dulu. Mungkin ada di antara Ouchers yang sempat ngalamin, hehe.. (tua amat dong!)

Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila (P4)

Bingung ya? Hehe.. Wajar, soalnya istilah P4 familiar ketika masa orde Baru alias ketika Presiden Soeharto masih menjabat sebagai presiden RI. Nah, di masa itu, program P4 diterapkan oleh semua SMA dan instansi pemerintahan. Penerapan P4 di sekolah biasanya ketika Masa Orientasi Siswa (MOS). Jadi, kalo dulu selama seminggu masa MOS, anak-anak baru bakal ditatar dan belajar hal-hal kenegaraan. Hal itu juga berlaku buat para pegawai Negeri ketika masa pengangkatan pegawai baru. Mereka juga ditatar tentang materi P4 ini, Ouchers. Jangan salah, ada ujiannya juga loh, biasanya diadain di hari terakhir masa MOS atau pengangkatan pegawai baru. Sayang banget yah, program Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila ini ga dilanjutin sampe sekarang. Padahal, menurut OUCH! Itu penting banget loh, supaya generasi muda lebih mengenal bangsanya sendiri.

Pemutaran Film G 30 S/PKI

Masih di masa Orde Baru, setiap tanggal 30 September, seluruh stasiun televisi di Indonesia pasti muterin film G 30 S/PKI. Yup, tanggal 30 September adalah bagian dari sejarah karena pada tanggal itu di tahun 1965 terjadi peristiwa pembunuhan terhadap enam pejabat tinggi militer Indonesia dalam usaha pemberontakan kepada anggota Partai Komunis Indonesia. Saking fenomenalnya, film G 30 S/PKI bakal terus ditayangin setiap tahunnya. Wah, udah hapal dong sama dialognya? Hehehe...

Upacara Bendera

Di beberapa sekolah dan instansi pemerintah, tradisi upacara bendera masih dilakukan, walaupun banyak juga yang udah mulai meninggalkan tradisi ini. Kalau dibandingin sama jaman dulu, bisa dipastikan setiap hari Senin dan hari-hari besar bakal diadain upacara bendera. Itu berlaku buat seluruh sekolah dan semua pegawai Pemerintah, lengkap dengan seragam pegawai Negerinya. Pokoknya semua aturan disamaratakan deh.

Program acara “Laporan Khusus” dan “Kelompencapir”

Dulu, stasiun televisi ga sebanyak sekarang dan TVRI bisa dibilang pelopornya stasiun televisi Indonesia. Nah, dari sekian banyak program acara yang ditayangin TVRI ada dua program yang cukup happening nih pada masa orde Baru. “Laporan khusus” adalah program berita yang materinya memuat informasi seputar kenegaraan dan ditayangin kalau ada momen-momen tertentu. Program ini juga wajib ditayangin di seluruh stasiun televisi lainnya loh. Lain lagi sama program “Kelompencapir” kependekan dari Kelompok Pendengar, Pembaca dan Pemirsa. ”Kelompencapir” bisa dibilang wadah berkumpulnya para petani dan nelayan di Indonesia. Ga hanya ngumpul, mereka juga bisa saling tukar informasi dan pengetahuan tentang bidang masing-masing. Yang jelas, acara ini menunjukkan kepedulian terhadap petani dan nelayan yang notabene adalah mata pencaharian terbesar di Indonesia.

So, what do you think, Ouchers?

No comments:

Post a Comment