Sunday, July 12, 2009

YOU LEAD ME DOWN TO THE OCEAN



(Photo 1: Pecatu, Photo 2: Peucang)

Ngerasa phobia sama keramaian? Pas banget, OUCH! will lead you down to the unforgettable ocean yang jauh banget dari kata ramai…


Pulau Peucang: Pesona Tersembunyi di Ujung Kulon


Apa yang terlintas dalam pikiran lo waktu denger kata Ujung Kulon? Yakin deh, pasti yang kebayang adalah badak bercula satu. Well, Satwa yang satu ini emang udah jadi ikon dari Ujung Kulon. Dari jaman SD pun, kita udah diajarin kalo badak bercula satu adanya ya di Ujung Kulon. Tapi.... Buat para backpackers, Ujung Kulon menawarkan pesona yang lain, seperti Pulau Peucang.
Meskipun terletak 375 kilometer dari Jakarta, Pulau Peucang udah jadi hot issue di kalangan para backpackers yang ingin mencari lokasi liburan non-turistik dalam perjalanan mereka. Rute yang ditempuh buat sampe ke sana tu sebenernya cukup jelas: Jakarta-Serang-Labuan-Sumur-Taman Jaya. Kendalanya sih, paling karena permukaan jalan yang masih hancur total sepanjang Sumur sampe Taman Jaya, jadi mau ga mau bikin kita harus “kebal bokong” buat bertahan selama 8 jam perjalanan darat plus 3 jam perjalanan laut. (nothing lah ya!):)
Sebagai bagian dari Taman Nasional Ujung Kulon, Pulau Peucang ternyata ga berpenduduk. That’s why di sana bersih banget Ouchers, karena belum banyak terjamah sama tangan-tangan jail. Ada banyak aktivitas yang bisa lo lakuin di sekitar Pulau Peucang. Contohnya nih, kasih makan kawanan rusa, monyet, dan babi hutan di padang rumput depan penginapan. Seru banget ga sih? Tapi, tetep harus waspada ya Ouchers. Lebih seru lagi nih, lo bisa main kano di Sungai Ciganter (Pulau Handeuleum), diving di perairan sekitar pulau Peucang, snorkling, liat banteng dan merak yang lagi main di padang penggemalaan Cidaun, naik ke atas menara paling ujung pulau Jawa di Tanjung Layar, dan masih banyak lagi.
Di Pulau Peucang juga ada pantai yang dinamain Karang Copong karena di sana ada batu karang yang lubangnya bolong. Karang Copong tepat menghadap ke Samudra Hindia, jadi sebenernya ga disaranin buat berenang di pantai ini, mengingat ombaknya yang ga bersahabat. Jangan khawatir sob, gagal berenang di pantai ya mending kita trekking aja. Soalnya, di sepanjang jalur trekking menuju Karang Copong, lo bakal disajikan dengan pesona hutan Ujung Kulon yang pasti bikin mesmerize.
Overall, Pulau Peucang menawarkan pesona lain dari Ujung Kulon. Pantai pasir putih dengan air jernih dan ikan warna warni. Kombinasi dari akses sulit plus lokasi terpencil plus ga ada signal handphone menghasilkan satu pujian buat pulau ini “life is so beautiful at Peucang”, hehe... Waktu kunjungan terbaik adalah setelah musim hujan karena jaminan lo bisa dapet sunrise dan sunset yang bisa bikin lo speechles. So, kalo lo pengen berlibur di pulau pribadi, bebas bermain dan berenang di tepi pantai sesuka hati, dan mimpi berenang di air yang warnanya turquoise, Pulau Peucang is what you need.

Release your Soul at Pecatu, Bali


Liburan ke Bali emang asik banget! Biarpun cuacanya (hampir setiap waktu selalu) panas, tapi berwisata ke pantai-pantai disana selalu bisa menyejukkan mata, hati, dan pikiran (beeuuuh...) Nah, kalo di Bali biasanya kan turis pada suka ke Kuta, Seminyak, atau Jimbaran yang ruaaameee banget waktu liburan tuh. Kalo lo udah bosen sama segala keramean kayak gitu, lo bisa coba nih pergi ke daerah Pecatu. Pantai-pantai di wilayah ini relatif masih lebih bersih dibanding di wilayah Kuta, Seminyak, atau Jimbaran yang udah terlalu rame, dan biasanya orangnya juga lebih sedikit dibanding di kedua daerah itu.
Kalo ngomongin Pecatu, biasanya orang langsung tertuju pada satu nama: Dreamland! Yak, Dreamland ini adalah salah satu dari sekian banyak pantai indah di Pecatu yang terkenal. Keadaan Pantai Dreamland sekarang ini juga udah cukup rame. Meski begitu, pantai ini masih layak untuk dikunjungi. Selain Dreamland, di Pecatu juga terdapat resort-resort mewah, di antaranya Bvlgari Hotel (yang cuma ada 3 di dunia) dan Karma Kandara, yang memiliki private beach yang indah nan bersih.
Karma Kandara sendiri memiliki memori tersendiri buat para OUCH! rangers karena saat kita berkesempatan berlibur ke Bali bulan Juni lalu, Karma Kandara merupakan salah satu destination places kita. Wuahhh buagus buanget dehh! Ga nyesel pergi kesana (malah pengen balik lagi)! Pantainya sepi, airnya biru en bening banget sampe dasarnya keliatan semua, dan pasirnya putih alus banget!! (Hehehe, udah mupeng blom nih?) Satu lagi nih Ouchers, kalo ditempat lain butuh effort gede buat nuruin tebing menuju pantai, disini kita bisa naik lift dan mengantarkan kita langsung ke pinggir pantai...Wuiiiiihh...
Gimana, Ouchers? Udah ada pilihan tempat lagi kalo lo mau liburan ke Bali kan? Jadi, siapa yang mau beli tiket sekarang?

Happy Travelling, Guys :)

No comments:

Post a Comment