Sunday, July 12, 2009

Fearfighter, Terapi Ngilangin Phobia Versi Online

Teknologi emang udah jadi kebutuhan wajib saat ini, seems like we can’t life without technology. Begitu hebatnya pengaruh teknologi, sampai-sampai mengilhami National Health Service—sebuah lembaga pemerintahan Inggris yang nanganin isu-isu kesehatan di masyarakat—untuk mendukung sebuah program komputer bernama Fearfighter. Program yang berasal dari Perancis ini emang diciptain buat ngatasin berbagai macam gangguan kejiwaan, kayak panik, depresi ringan, atau phobia. Dengan mengakses Fearfighter, seseorang akan ngejalanin terapi layaknya ketemu seorang psikiater. Atau bisa dibilang pasien akan ngejalanin terapi secara online. Wuih, canggih kan sob!

Dalam beberapa kasus, Fearfighter udah terbukti mampu ngatasin rasa takut berlebihan pada pasien penderita phobia atau penyakit kejiwaan ringan lainnya. Caranya gampang banget sob, pengguna cuma ngeklik akses program Fearfighter dari rumah abis ngedapetin kode akses dari petugas kesehatan yang bersangkutan. Secara otomatis, program tersebut akan ngajuin berbagai pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi kejiwaan. Ga cuma itu, di Fearfighter ternyata juga ada semacam games yang bisa ngilangin stres (hem, boleh dicoba nih kayaknya!)

Program terapi ini berlangsung selama sepuluh minggu. Satu sesi biasanya kurang lebih satu jam. Ini lebih singkat daripada program terapi yang biasa dijalanin sama psikiater manusia. "Ide dari terapi ini adalah mengulangi terapi dasar yang dilakukan oleh psikiater. Pasien menceritakan masalahnya, lalu komputer menganalisis dan memberikan solusi," kata Dr. Isaac Marks, profesor di King's College Institute of Psychiatry, London.

Intinya sih, Fearfighter ngajarin pasien untuk mencegah kepanikan mereka sendiri. Ga cuma cara buat ngilangin ketakutan aja, tapi pasien juga diajarin cara ngidentifikasi rasa panik dengan nyatet hal-hal yang ngebuat mereka takut. Setelah itu, mereka harus praktek lewat simulasi, kayak nge-handle situasi yang menurut mereka ga nyaman sampe akhirnya mereka mulai merasa terbiasa.

Tapi, tetep aja ya sob, secangih-canggihnya teknologi, kepinteran manusia tu ga ada yang bisa ngalahin. Program Fearfighter ini ga sepenuhnya bisa ngegantiin peran psikiater dan alat-alat pendukung aslinya. Untuk masalah kejiwaan serius, seperti hasrat bunuh diri, itu mah ga bisa diatasin cuma pake terapi online doang! Kasus-kasus kayak gitu butuh kehadiran psikolognya langsung. Udah gitu, buat masalah resep juga ga bisa sembarang di publish. Jadi, untuk terapi yang ngebutuhin obat-obatan, peran psikiater dan petugas kesehatan masih dibutuhin banget. Berdasarkan studi yang dilakuin di Inggris, Amerika Serikat dan negara-negara lain, terbukti kalo kemajuan pasien terapi online sama kayak terapi yang dilakukin sama manusia. Keuntungan lainnya sih dari segi biaya, pastinya ongkos jauh lebih murah. Apalagi bisa chatting segala.

Wanna Try?
=)

No comments:

Post a Comment