Sunday, July 12, 2009

I AM A SURVIVOR!



Mungkin lo semua ga sadar kalo temen-temen atau keluarga terdekat lo ternyata ada yang punya phobia. Well, wajar sih selama orang yang punya phobia itu juga ga nunjukin tanda-tanda keanehan. Tanda-tanda yang OUCH! maksut tuh kayak gejala atau reaksi yang muncul kalo pengidap phobia lagi berhadapan langsung dengan “phobia”nya. Gejalanya pun macem-macem Ouchers, ada yang nangis, teriak histeris, gemeteran, sampe pingsan! Kurang lebih sama seperti yang dialami temen kita, Annisa. Cewe kelas dua di SMA 3 Jakarta ini pernah ngalamin kejadian yang ga enakin waktu kecil. Tanpa Annisa sadarin ternyata kejadian itu bener-bener bikin trauma dan akhirnya bikin dia phobia sama ketinggian.

Berawal waktu Nisa umur 3 tahun. Waktu itu dia diajak main ke lapangan tenis dan duduk di bangku wasit yang lo semua tahu, tinggi banget kan sob! Emang lagi apes, pas lagi duduk di bangku itu, Nisa dijailin sama anak-anak kecil lain. Bangku wasit tempat dia duduk digoyang-goyangin dan… mendarat manislah Nisa di tanah. Setelah peristiwa “naas” itu, sebenernya Nisa belom nyadar banget kalo dia itu phobia sama ketinggian. Cuma, setiap kali dia lagi di lantai dua sekolah atau di lantai atas mall, tiba-tiba aja seluruh badan Nisa berasa lemes mulai dari ujung kepala sampe ujung kaki. Telapak tangannya basah gara-gara keringet dingin plus gemeteran. Hal yang sama pasti selalu terjadi setiap kali Nisa ada di tempat tinggi. Ga cuma itu aja, sejujurnya dia pengen banget nangis dan teriak, tapi ditahan karena malu. “Gue malu sama temen-temen di sekolah, malu sama pengunjung mall, gue malu kalo orang lain tahu kalo gue takut ketinggian. Akhirnya, yang bisa gue lakuin cuma mendem sendiri.”

Tau ga sih sob, ternyata ga semua temen-temen dan keluarganya Nisa tahu tentang phobianya ini. Cuma beberapa sahabat dan Nyokapnya aja yang tahu. Makanya, pas keluarganya Nisa mutusin buat pindah ke apartemen, wuih... jelas aja si Nisa langsung puyeng! Tinggal di lantai 33 pula. Tapi, akhirnya momen itu juga yang ngebuat Nisa sadar untuk ngelawan phobianya. Enough for phobia... Untungnya (masih ada untungnya nih…) bokap-nyokapnya Nisa tu dokter jadi lebih gampang buat ngejalanin penyembuhan. Setiap hari, Nisa diterapi sama nyokapnya buat berdiri di balkon apartemen. “Pertama-tama sih jujur gue takut banget! Pengen nangis. Tapi, gue harus bisa ngelawan ketakutan gue itu” kata Nisa. As time goes by, akhirnya rasa takut yang berlebihan itu pelan-pelan berkurang dan bisa di-handle sama Nisa.

Sampe sekarang sih Nisa ngaku kalo phobianya itu belom 100% hilang, tapi at least dia bisa survive dan terus berusaha buat sembuh. Antisipasinya sih, setiap kali Nisa lagi di tempat tinggi, mending dia merem atau ga liat ke bawah. Pokoknya nih, kalo kata Nisa selama masih ada niat dan usaha tentunya, semua bisa diatasin, even phobia sekali pun. That’s the point!

No comments:

Post a Comment