Tuesday, December 22, 2009

PPM School Of Management

PPM School Of Management
Trendsetter Sekolah Manajemen, Ahlinya Ngerubah Orang

Hi Ouchers, lo punya cita cita jadi pengusaha? Tapi sampe sekarang masih bingung ato bahkan masih bertanya-tanya, emangnya ada tempat kuliah yang bisa bikin kita jadi pengusaha? Nah, kali ini kita mau jalan-jalan ke kawasan Jakarta Pusat, tepatnya di kawasan Menteng dekat Tugu Tani. Di sana ada sekolah manajemen yang bisa dibilang adalah cikal bakalnya sekolah tinggi manajemen. Sekolah tinggi yang udah eksis dari tahun 1967 ini, bisa dibilang sekolah tinggi manajemen pertama di Indonesia loh. Mau tau lebih dalem lagi? Yuk, kita intip sekolah yang konon saat ini udah banyak mencetak profesional sekaligus pengusaha muda

Programnya!
PPM School of Management ini punya dua program untuk Strata 1 yaitu program S1 Manajemen Bisnis dan S1 Akuntansi Bisnis. Kita bedah satu persatu nih... Program S1 Manajemen Bisnis atau disingkat (SMB) ini cocok buat lo yang pengen banget jadi pengusaha sukses. Tapi bukan hanya itu loh Sob, buat lo yang mau jadi profesional dan berkarir di perusahaan-perusahaan juga bisa kok. Uniknya, di program SMB ini ada dua tipe tugas akhir. Buat Ouchers yang pengen banget jadi pengusaha, tugas akhirnya adalah bikin perencanaan bisnis atau bahasa kerennya “business plan”. Nah, kalo lo punya mimpi bikin usaha apapun, bisa diwujudin lewat business plan ini. Sekalian aja, tugas akhirnya dapet, business plan-nya juga dijalanin. Kurang apalagi coba? Kalo buat lo yang emang pengen jadi profesional, tugas akhirnya bisa berupa skripsi plus harus magang di perusahaan selama tiga bulan.

Ga salah kan kalo PPM School of Management itu disebut sebagai trendsetter? Untuk tahun 2010 ini, PPM School of Management juga merhatiin Ouchers yang suka banget sama akuntansi loh. Kalo kedengerannya akuntansi itu bikin lo serem karena angka-angkanya, PPM School of Management bisa bikin belajar akuntansi jadi lebih menyenangkan lewat program terbarunya yaitu Program S1 Akuntansi Bisnis atau di singkat (SAB). Lulusan dari program SAB di sini ga cuma dapet transkrip aja, tapi juga dapet sertifikat pajak Brevet A dan B. Jadi, Ouchers yang lulus dari SAB udah punya skill lebih dari lulusan yang sama dari Universitas lain. Kebanyakan kalo di tempat lain, buat ngedapetin kedua sertifikat itu lo harus ambil course lagi di luar kuliah. Hemat waktu, hemat biaya kan?

Metode Perkuliahannya!
Di sini, belajarnya pun bukan sekedar tatap muka, tapi kayak class participation. Intinya, si mahasiswa harus aktif di setiap mata kuliah. Supaya mudah dimengerti, penyampaiannya pun dikemas secara menarik melalui role play. Praktek simulasi manajemen bisnis yang dikemas secara fun sehingga materinya ga akan kerasa berat. Buat melatih skill communication, mahasiswa dilatih melalui presentasi dan diskusi kelompok. Hal yang paling menyenangkan dari semuanya adalah, kuliahnya ga cuma di dalem kelas aja, tapi juga di luar kelas. Contohnya adalah mata kuliah pengembangan diri, team building, karyawisata dan kunjungan perusahaan.

Keunggulannya!
Kebayang ga? Kalo suatu perguruan tinggi perbandingan jumlah dosen sama jumlah mahasiswanya ga seimbang? Akhir cerita, pasti si mahasiswa jadi ga diperhatiin. Kuliah cuma jadi sekedar kuliah aja. Kasian kan orang tua yang udah berjuang keras buat nyekolahin kita, tapi ternyata kuliah kita ga maksimal. Nah, kalo di PPM School of Management, bentuknya small class, so dosen bisa lebih merhatiin mahasiswanya dan lebih bisa berinteraksi secara efektif. Fyi nih, untuk tahun 2010, PPM School of Management punya inkubator bisnis Sob! Salah satunya adalah kafe. Buat Ouchers yang bergabung di PPM school of Management dan ambil jurusan Manajemen Bisnis, bisa ikutan mengelola kafe selama 1 tahun studi. Banyak pengalaman juga kan jadinya!

Konsentrasinya!
Di semester 5, buat program S1 Manajemen Bisnis, Ouchers udah bisa nentuin pilihan konsentrasi yang mau diambil. Ada Marketing Management, Human Resource Management, Financial Management, Production Management, dan Operation Management. (TAKE OUT)

Fasilitasnya!
Supaya proses belajar dan mengajar lancar, pastinya diperluin fasilitas penunjang untuk belajar. PPM School of Management punya lab. komputer, ruangan audio visual, galeri, dan fasilitas wi-fi yang bisa diakses di seputar kampus. Bakal ada gedung baru juga lo yang akan siap dipake tahun depan, pas banget tahun ajaran baru, pas lo mulai masuk kuliah. Di gedung baru ini, fasilitas wi-fi nya kenceng abis Sob!

Ahlinya Ngerubah Orang!
Pasti lo bertanya-tanya, kenapa sih kok PPM School of Management disebut sebagai ahlinya
ngerubah orang? Kalo lo gabung di PPM School of Management, soft competency lo akan berkembang. Apa sih soft competency? Kita coba ambil contohnya ya, misalnya untuk jadi seorang pemimpin, bukan cuma background pendidikannya aja yang diperluin, tapi karakter seorang pemimpin juga perlu dibentuk. Pembentukan karakter ini yang dinamain soft competency. Banyak banget loh efeknya terhadap perkembangan pribadi. Bisa jadi lebih menghargai waktu, jadi pribadi yang dapat dipercaya, dan lebih baik dalam membawa diri di tengah masyarakat.

Kata Mereka!
Nih, testimonial dari kakak-kakak yang udah duluan belajar di PPM School of Management.





Rehuellah Sonya Octaviani
Young Entrepreneur, Owner of Jollie Mollie Clothing Line

Angkatan 2006, Jurusan Human Resource Management (TAKE OUT)
“Dari inkubator bisnis, Saya banyak belajar mengenai praktek bisnis. Konsep belajar yang diterapkan melalui study case membuat Saya tidak kaget saat terjun langsung ke dunia bisnis.”





Pudji Masniari Siregar
Account Executive, Tempo Inti Media
Finalis None Jakarta 2009

Alumni Angkatan 2005 - Jurusan Human Resource Management (TAKE OUT)
“Selain management skill kita bertambah, di PPM School of Management, interpersonal skill kita dibentuk. Itu yang membuat kita mempunyai value yang lebih daripada lulusan perguruan tinggi lain.”



Udah ga usah sok mikir-mikir, kalau masih mau tanya-tanya atau konsultasi lebih lanjut, silakan datang aja langsung ke PPM School of Management di Jl. Menteng Raya No. 9, Jakarta Pusat 10340. Mau telp dulu juga bisa loh ke (021) 31902956. Atau klik www.ppm-manajemen.ac.id.
Buruaaan Sob!...

No comments:

Post a Comment