Wednesday, April 1, 2009

Becoming a Great Leader

Jadi pemimpin itu sama sekali bukan pekerjaan yang mudah. Pertama, sampe kesananya susah banget, even lewat jalan yang ga bener sekalipun. Modalnya mesti tetep gede kan? Abis itu ketika udah sampe posisi puncak, tantangannya makin segambreng. Jangan kira mereka yang jadi pemimpin itu asoy geboy aja di sana. Pusing sob, ngurusin buanyak banget bawahan yang isi kepalanya beda-beda. Belom lagi godaannya banyak bener buat jadi pemimpin yang baik. Tapi itu bukan ga mungkin dilakuin, Ouchers! Yang paling utama sih emang kita mesti punya prinsip. Tapi selain itu, ada hal-hal lain yang harus diperhatiin buat jadi pemimpin yang oke punya.

Kuat Iman
Posisi tinggi seringkali bikin orang gampang kepancing buat manfaatin kekuasaannya. Selain itu banyak juga tawaran-tawaran menarik dari pihak yang tak bertanggung jawab yang nyuruh lo ngelakuin sesuatu buat mereka dengan imbalan tertentu. Hayoo, niat awalnya waktu mau jadi pemimpin apa hayyoooo… Jangan lemah gitu ah. Namanya pemimpin juga mesti taat aturan, jangan mentang-menatang posisi aman trus kelakuannya jadi urakan. Nggak ada bedanya dong sama idiot yang ga ngerti disiplin. Lo juga mesti tegas cuy, jangan sampe dimanfaatin oknum-oknum yang pengen ngejerumusin lo buat dapet keuntungan pribadi.


Tahan Banting

Udah jadi rahasia umumlah kalo seringkali pemimpin itu merupakan tumbal dari bawahan-bawahannya buat ngadepin orang lain yang posisinya lebih tinggi lagi, atau dari pihak luar. Di sini lo mesti jadi pejuang tangguh buat mempertahankan citra baik pribadi dan organisasi yang lo pimpin, sekaligus menyenangkan orang lain dengan jalan yang benar. Saran dari OUCH! Hadapi semua dengan senyuman! Cling!


Hidup Seimbang
Bukan cuma diet yang mesti seimbang, jadi pemimpin juga mesti seimbang. Ada kalanya mesti serius sama orang lain, ada kalanya juga ga boleh ngasih jarak sama siapapun. Ada waktunya pasang tampang garang, ada juga saatnya ngebadut sampe semua sakit perut. Rapat formal dilakuin, seneng-seneng juga harus dijalanin. Lebih bagus lagi tahlilan bareng sebelum ikut kegiatan apapun. Begitu udah beres semua syukuran deh, boleh juga ditambah dugem bersama, biar hidup lebih hidup, asal jangan yang aneh-aneh!

Bawahan = Aset Masa Depan
Inget, kalo every leader need a team, and every team need a leader. Meskipun judulnya lo adalah atasan bukan berarti yang jadi ‘bawahan’ lo itu bisa lo rendahin. Lagian namanya pemimpin ga muncul tiba-tiba, mesti dari bawah dulu, dan pada akhirnya juga ada masanya lo bakal turun lagi, jadi perlakuin orang-orang di sekitar lo dengan sangat baik, disesuaikan dengan usaha yang mereka lakuin. Ga rugi kok bersikap baik sama orang. Di masa yang akan datang mereka juga akan baik dan ngedukung setiap langkah yang lo ambil.

Kalo semuanya itu bisa lo terapin dengan baik, jangan kaget kalo jabatan lo sebagai pemimpin ga ada yang berani ngutak-ngutik. Oh yeah! pelajaran ini ga cuma berlaku sekarang doang lho. Go leader… go!

No comments:

Post a Comment