Wednesday, April 1, 2009

Am I a Leader? Yes, you are!!


Memang pertanyaan ini paling sulit untuk dijawab. Banyak banget yang ga pede sama kemampuan diri sendiri sehingga ga berani ngejawab selantang kalimat di atas. Hmm, sebenernya ga terlalu sulit kok untuk jadi pemimpin. Nih, OUCH! kasih sedikit obat kuat en pengetahuan supaya kalian menjadi berani dan ga takut untuk jadi pemimpin yang oke dalam komunitas kalian.

Sebenernya syarat – syarat yang baik untuk jadi pemimpin apa yah? ini dia:


1. Problem Solver

Ouchers harus punya jurus – jurus jitu dalam menghadapi masalah. Jangan mudah panik! Harus tenang dalam mengatasi permasalahan. Lo harus tegas dan jangan plin – plan.

2. Bersikap Positif
Manusia bukanlah mahkluk yang sempurna jadi pasti ga luput dari kesalahan. Jadi kalo mau jadi pemimpin yang baik hendaklah ga mudah menyalahkan anggota yang berbuat salah. Daripada menyalahkan, kan lebih baik ngebantu anggota ngasih solusi.


3. Komunikasi

Ini yang paling utama dalam ngejalanin suatu organisasi. Seseorang yang bisa jadi pemimpin yang baik adalah seseorang yang ga ngerasa sebagai bos yang ngerasa beda derajat dengan anggota dan hanya bisa ngasih perintah aja. Malah seharusnya ngebangun komunikasi 2 arah dengan anggota sehingga ga terjadi miskomunikasi dan tugas dapat dilaksanain dengan baik.

4. Menjadi Inspirasi
Seorang pemimpin harus bisa jadi standar dan contoh bagi anak buahnya. Ouchers harus sering nambah pengetahuan dengan mencari informasi terkini melalui Internet, Koran, majalah, dll.


5. Tumbuhkan Motivasi

Kalo kalian udah jadi pemimpin, jangan lupa untuk memberikan pujian apabila anggota atau bawahan lo melakukan tugas dengan baik sehingga mereka semakin menghormati dan menghargai lo.

6. Turun Gunung
Seperti yang udah kita bilang tadi. Pemimpin yang baik sebaiknya ga ngebedain ‘kelas’ antara atasan dengan bawahan. Di dalam beberapa situasi terkadang atasan harus ngebantu anggota untuk nyelesain tugas sehingga tugas lebih cepat selesai.

Nah, kalau di atas Ouchers udah tau syarat-syarat pemimpin yang baik, sekarang Ouchers juga musti kudu tahu jenis–jenis gaya kepemimpinan yang ada saat ini:

1. Gaya Kepemimpinan Otoriter / Authoritarian
Adalah gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Pemimpin hanya memberi perintah dan anggota hanya menjalankan perintah pemimpin.


2. Gaya Kepemimpinan Demokratis / Democratic

Gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada anggota. Solusi permasalahan diambil dengan diadakan diskusi dan musyarawah. Jadi, anggota mempunyai kesempatan memberikan gagasan sehingga solusi terbaik dapat diperoleh.

3. Gaya Kepemimpinan Bebas / Laissez Faire
Kalo di sini, secara kasar bisa dinyatakan kalau pemimpin hanya sebagai pajangan dan anggota yang lebih aktif dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan organisasi.

Kira – kira begitu deh sob penjelasan tentang kepemimpinan. Ga terlalu sulit lah untuk dilaksanakan asal Ouchers berani maju dan belajar dijamin kalian bisa deh jadi pemimpin yang oke dan dicintai teman – teman, guru, mama, papa, tante, nenek..loh!?

No comments:

Post a Comment